RegionalSulteng

Wagub Buka Seminar Nasional dan Rakerwil PII Secara Virtual

Japrisultengnews.com – PALU, Wakil Gubernur Sulteng, H. Rusli Dg. Palabbi, SH, MH secara resmi membuka seminar nasional keinsinyuran dan Rakerwil I PII secara virtual bertempat di ruang video convrensi Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Kamis (11/06/2020).

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur menyatakan PII adalah wadah tempat berhimpunnya para sarjana eksakta bukan hanya teknik, pertanian, peternakan tetapi seluruh insinyur yang melaksanakan prnyelenggaraan praktek keinsinyuran di Indonesia.

“Selaku pemerintah daerah provinsi sulawesi tengah dalam tugas dan tanggung jawabnya terhadap organisasi keinsinyuran tetap memberikan perhatian terhadap perkembangan serta kemajuan PII di Sulteng khususnya DPW maupun kabupaten/kota demi kesuksesan pembangunan Sulteng dan bagaimana organisasi PII bisa mendorong dan bersinergi dengan pemerintah,” ujar Wagub

Olehnya melalui Rakerwil dan seminar dianggap sebagai momentum untuk meramu kajian yang bisa dipergunakan sebagai rujukan dalam rangka meningkatkan kapasitas keinsinyuran serta ditunjang dengan kelembagaan organisasi yang solid, inovatif dan kolaboratif.

Untuk itu, Wagub dalam sambut gubernur berharap para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian acara dengan sepenuh hati dan terbuka dalam setiap agenda pembahasan, demi tujuan organisasi dan supaya hasilnya berdaya guna dan bernilai tambah bagi pembangunan Sulteng yang maju, mandiri dan berdaya saing.

Kesuksesan organisasi PII lanjut Wakil Gubernur sangat ditentukan oleh itikad baik dan keberhasilan dalam membangun komitmen dan tekad melalui forum Rakerwil sebagai sarana menyatukan pendapat dan kebersamaan dalam sikap, perhatian dan keterlibatan secara penuh untuk mendukung hasil forum bagi kemajuan organisasi.

Sementara itu, Ketua Umum PII, DR. Ir. Dewanto, M.Sc, Eng, IPU, Asean dalam laporannya mengatakan kegiatan seminar pada awalnya akan dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2020, akan tetapi karena kondisi pandemi covid-19 sehingga kegiatan dimaksud ditunda, selanjutnya disepakati untuk dilaksanakan secara online

Menurutnya, kepengurusan PII di tingkat Provinsi Sulawesi Tengah telah terbentuk di 9 kabupaten dan telah melalui proses pelantikan, anggota PII berjumlah 360 orang yang berasal dari, UMI dan Universitas Mulawarman.

Senada disampaikan Ketua Umum PII, DR, Ir. Heru Dewanti, M.Sc, Eng, IPU, Asean. Rakerwil diharap memberikan inspirasi yang dapat meningkatkan daya saing bangsa

Dikatakannya, PII telah berusia 68 tahun, untuk itu dirinya memberikan apresiasi atas kinerja pengurus wilayah di daerah masing-masing.

Dalam masa pandemic covid-19, pengurus PII telah memberikan sumbangsih melalui teknologi standarisasi udara di Jakarta dan melakukan uji coba ventilator dengan harapan dapat digunakan sebagaimana perlunya.

Diharapkan dalam Rakerwil muncul ide-ide serta dapat memberikan konstribusi dalam pembangunan.

Sementara itu, Rektor Universitas Tadulako Prof DR. Ir. Mahfud MP, memberikan apresiasi atas terlaksananya Rakerwil meskipun berlangsung secara virtual karena dalam masa pandemic covid-19.

Menurutnya, PII sudah lama terbentuk dan cukup membanggakan akan tetapi seiring waktu, keberadaanya menjadi stagnan akibat penyesuaian gelar para alumni eksakta yang tidak lagi monoton menggunakan gelar Ir.

Untuk itu, PII dinilai memiliki peranan strategis, serta diharapkan kerjasama PII guna menghasilkan sarjana keteknikan dan kedepannya organisasi PII dapat mengawal para alumni eksakta.

Bertindak sebagai narasumber pada kesempatan itu ; Dirjen Dikti, Prof. Ir. Nizam, Msc, Dic, Phd, Ipm, Asean, Eng, Kepala BPST, H. A. Mulhanan Tombolotutu, SH, serta Ketua PII Pusat.

Biro Humas dan Protokol

Label
Show More

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: